Cara Browsing Internet

Browsing merupakan salah satu kegiatan dalam menjelajah internet untuk mendapatkan informasi yang terkini tanpa batas dan tanpa birokrasi. Untuk mendapatkan informasi tersebut diperlukan software yang dikenal dengan browser. Browser tersebut antara lain, Internet Explorer, Netscape, Opera, Mozilla Firefox, dll. Namun demikian browser yang paling banyak digunakan oleh user di Indonesia adalah Mozilla Firefox, seperti yang Anda gunakan untuk membuka halaman ini.

Hal lain yang diperlukan untuk aktivitas browsing ini adalah search engine (mesin pencari) seperti google, yahoo, dan lain sebagainya.

Menggunakan Addresse Bar untuk Menuju Alamat Situs

Untuk menemukan situs yang ingin Anda kunjungi, sementara Anda telah mengetahui alamat situsnya, maka pergunakanlah Addresse Bar pada menu Browser untuk mengetik alamat situs.

Contoh : Anda ingin mengunjungi situs www.yahoo.com
Ketikkan alamatnya pada addresse bar seperti contoh berikut:

www.yahoo.com

Setelah mengetik alamat situs, akhiri dengan menekan enter, maka Anda akan langsung dibawa pada halaman www.yahoo.com

Menggunakan Mesin Pencari Google

Mesin pencari digunakan untuk mencari dokumen dari berbagai sumber yang belum diketahui alamatnya. Untuk menggunakan mesin pencari Google, ikuti langkah berikut:

  1. Bukalah Browser Anda (dapat memakai Mozilla Firefox), namun jika Anda sedang membaca halaman ini, berarti Anda telah membuka browser tersebut.
  2. Masukkan alamat google.co.id pada adress bar di browser Anda seperti pada contoh :

    adgoogle

  3. Akhiri dengan menekan enter, lalu akan muncul halaman :



  4. Untuk mulai mencari dokumen/gambar yang Anda perlukan, ketikan judul/topik yang ingin Anda cari pada search engine google. Sebagai contoh, Anda akan mencari topik "belajar internet:

    search
    akhiri dengan menekan enter, maka akan muncul halaman kira-kira sebagai berikut:


    topik

    Pada halaman di atas, ditampilkan topik yang Anda cari dari berbagai sumber yang telah tersedia di internet. Agar topik yang Anda cari mudah ditemukan, usahakan untuk mengetikkan kata kunci yang mendekati topik yang Anda cari.

  5. Klik pada salah satu judul yang berwarna biru, maka Anda akan mendapatkan halaman yang berisi topik yang Anda perlukan.
    Untuk mengulangi pencarian dengan topik yang berbeda, tekan tombol Home pada barisan atas menu browser.